Kamis, 28 Oktober 2010

hArI yang Ibadah,.... !

Selasa, 9 Februari 2010,.... hari yang tak kan kulupakan,....

Hari yang begitu banyak tantangan, padahal saya udah perencanaan yang baik, tapi,... :

Kunci Lemari Lab, ketinggalan,....
Berangkat dari tempat tinggal ya udah terbilang pagi lah,... biasa ngecek kelengkapan jurnal,... eh ternyata TP saya ketinggalan di atas meja belajar saya.

langsung ja tancap gas, copas punya si randiun makan bihun,.... mana minta kertas nya pula,.... makasih randiun,... e,,,,....... udah ngantri saya bwt absen,...

bapak2 udah teriak2 kunci dibawa masing2, n baru inget kunci lemari lab kel gw ketinggalan di tas awak' satu nya lagi,... bingunglah gw,.... langsung mikir ngisi absen dulu,... dari pada nol tes awal nya untung asisten nya baik,...

"Ka, saya lupa bawa kunci ni baru keingetan"
si asisten langsung bingung gt, "ni anak baru hari prtama praktikum udah cri masalah", gerutu asisten,...

udah aja ngisi absen nya beres, langsung cari meja praktikum, ... dmn2,....

udah ketemu, langsung izin k asisten kelompok saya untuk lari bw tuh kunci, sambil memelas minta prpanjangan waktu tes awal nya,....

waktu menunjukn jam 8 kurang 5 menit, saya hanya punya 5 menit bwt sampe di lab lagih,....sekelebat langsung saya bersprint menuju asrama salman bwt ngambil kunci lemari alat2 praktikum, ibadah aja moal bs praktik mun teu d bawa mah,....

dengan hah heh hoh, urg berlari ke pintu belakang, melewati pegawai yg lg ptong rumput, lwt GKU Timur, gedung TL, arsi, SR nyebrang jalan, sampai naik turun tangga asrama,.... hah untungnya dpt jg,....

langsung aja masuk kelompok untuk ikut tes awal,....

"dua menit lagi ya san,.... !", ubai sang asisten berkata

alamak, cuma 2 nomor,... tapi agak susah oge,...udah cape sprint trnyata tes awal nya beda dgn yg kemarin, yg aku hafal ga da semua,... untung lah saya ga berpapasan ma bu Dea, kalo ktangkap basah gw telat, dapet nol deh Tes awl nya,....

ada yg lebih parah lagi, temen d samping gw tinggal 1 menit lg baru dateng, hahaha, ibadah mbak,.... !

tes awal pun selesai, dan saya dengan bangga nya membuka lemari alat lab yg kunci nya saya dapatkn dengan susah payah,.... huh,....


Praktikum Azo Dyes,....

mh, beres tes awal langsung kerja n lakuin langkah satu persatu,....

entah kenapa praktikum ini begitu semangat, hal yang biasa, pengundian rekan kerjanya dilakukan dgn hompimpah,... aneh deh,.... udah jd mahasiswa, ITB pula, kelakuan msh kayak anak TK,... hahaha

se grup kecil dapat icha ma nabilah (nadhillah r). Randiun dgn ecoli. ipeh ama dilaun,...

meski kontak langsung dengan zat2 yg berbahaya semisal HCl pekat n NaOH, tapi asisten g rese suruh pake gugel segala, paling sarung tangan. ga kayak KA yg pesidaknya nye nye nye nye ga jelas n kurang logis utk pk gugel, masa bawa alat pinjman alat di loket, harus pk gugel segala,...?

yang lebih parah lagi, temen gw yg bawa data dr komputer harus di gugel jg, padahal reagen ny cuman teh kotak, kratindeng dll yg enak2 deh,.... tp knp tuh dosen marah2 wae,... kalo d lab, kalo emang alasannya keamanan n keselamatan, harusnya dia jg pk jas lab, g pk gugel doang, aneh we keliatn ny, pk seragam kasual trs pk gugel,... mw renang mas,...?

nah kembali ke praktikum azo dyes yg bikin pewarna textil tea,... alhamdulilah udah bisa nemu dua senyawa, tinggal dikeringin pk buchner,... udah rada beres karena cekatan n tidak gegabah,... saya brinisiatif bwt nyuci alat2 yg kotor,... lumayan deh dpt beberapa udah dibersihin,..

saking semangat nya, senyawa punya ipeh ditaruh dkt barang kumbaheun, da si mesin buchner nya deket wasbak,.... refleks lah gw cuci tuh senyawa,....

alangkah kaget nya si ipeh liat gw ngerusak hasil krja ny,... langsung lah si ipeh kayak putus asa gitu,... dengan inosen ny gw masih ktawa ktiwi minta maaf nya, da apa mw di kata, g sadar eta teh,....

untung asisten nya g nye nye nye nye nye,..... langsung deh ibadah ngulang dr awal lagi,... untung masih smpet,.... ngukur HCl, NaOH, nimbang2,.... parah lah,.... maafin ya peh,...

"diusir dosen"

lah, praktikum dah beres, terus minum susu dulu, di luar trnyata ujan,... nunggu reda dulu dah,... kebetulan gw ada job wawancara di salman,... abis lohor langsung ja k lt 3 gedung kayu,....yang kata nya mulai jam 1, eh molor jadi jam stengah 2,...

alasannya pewawancaranya kjebak ujan cnah, gw bela belain g makan siang hanya untuk kejar jam wawancara,...

diwawancarapun selese jam 2 kurang seperempat,... karena pasti g smpet makan, takut telat udah wen langsung beli roti ma air minum doang,... hiks' sedih lah,....T_T,...

langsung jalan cepat menuju ruang 2104 utk kuliah elektrometri,... karena kalo sprint lagi g kuat nih td pg udah di porsir lari cepet,...

ketemu bu Dea juga, "hayo, kuliah kuliah", kata nya. gw cengar cengir j, he2,.... di depan pintu bnyak 2007 g tw lg ngapa,...saya tanya mereka "ka, dosen nya dah masuk y?".

2007 : "iya, baru aja, coba ja masuk, tadi shabrina abis masuk kok" dibelakang gw lht ipeh dr WC jg mw kuliah baren di ruangan yg sama,....

slonong boy langsung ja gw masuk, n duduk d tmpat kososng, "yes, bs ikut jg ni kls", dalam hati seneng,....

tapi, beberapa detik kemudian si dosen tany, "mw apa anda ksini?"

ni dosen ngapa nanya gt, gw langsung jwb "kuliah pak !"

si dosen, "kamu lupa aturan kuliah y...?"

gw g mw ngalah, "tapi kan pak belum jam dua, (gw lht dgn jelas, jam d 2104 masih 2 menit lg menuju jam 2)" saya merasa saya benar dengan dtang tepat waktu,...

namun, entah knapa tuh dosen ngotot dengan aturan OTORITERnya "mahasiswa g bs masuk setelah dosen masuk," tapi kalo dosen masuk sebelm waktu ny gmn,...? aneh,... !

dengan muka kusut saya keluar dengan kecewa, OK gw ngalah hari ini untuk aturan ANDA YANG OTORITER. negara ini demokrasi, dan aturan bisa disepakati oleh kedua belah pihak, tapi ini,...? emang zaman orde baru,...? arogansi dosen telah menrenggut Hak Azazi Mahasiswa untuk kulih di tempat terbaik di negeri ini,....

heh,... mungkin, dosen ni tengsin jg kalo g bs jalanin aturan dia, yg kayak nya aturan impor dr luar negeri,... budaya yg aneh,...

diluar 2007 pun tany "kok keluar lg....?"

"iya ka, aturan DIA, kalo dosen dah masuk, mahasiswa g bs masuk", padahal waktu di ruangan nya belum telat,...

"ya udah sabar ya,.... !" kata 2007. "iya makasih ka"

langsung ja k perpus bwt baca2, tapi tidur pula, hehe,....

esok nya, gw g mw telat lg, kapok gw g bs kuliah,.... eh tapi si dosen yang sama itu dateng nya 15 MENIT telat dari jam d ruang 2104,... dan dia dengan watados nya masuk k kelas meski telat,...?

inikah wajah pendidikan kita,...? dosen bs semena2 gt,...? hah, diluar hikmah menghargai waktu saja,... masih kah tuh dosen juga menghargai waktu,...? dengan bs2 nya mahasiswa yg datang tepat waktu tp karena dia dah masuk duluan aneh,.... aneh,....

Tapi, ambil hikmah nya ajah deh,... moga ini jadi pelajaran bagi semua untuk datang tepat waktu untuk bs kulia dengan baik,... cukup saya lah yang jadi korban, hehehe,....

HARI yang IBADAH lah,.... T_T,.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Jam Sekarang Coy