Rabu, 28 November 2007

LPJ OSIS

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN DEPARTEMEN KESEKRETARIATAN KABINET “JIHAD MENUJU KEMENANGAN” OSIS SMA AL MUTTAQIN

MASA JIHAD 2006-2007

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur khadirat ilahi robbi yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya pada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang insyaallah dimuliakan-Nya. Tak lupa, shalawat dan salam semoga hanya tercurah bagi Nabi besar Muhammad SAW. Yang telah membawa umatnya dari zaman kegelapan ke zaman yang terang benderang ini. Serta para shabatnya sampai kita sebagai umatnya. Amien.

Sebagai rasa tanggung jawab terhadap amanah yang kami emban, izinkanlah kami pada kesempatan yang berbahagia ini untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban Departemen Kesekretariatan OSIS SMA Al Muttaqin, masa jihad 2006.

Untuk memperjelas laporan ini kami susun laporan pertanggungjawaban dengan sistematika sebagai berikut :
Pendahuluan

Departemen kesekretariatan sebagai salah satu Departemen OSIS SMA Al Muttaqin yang khusus menangani kegiatan pengadministrasian, memegang peran yang strategis dalam OSIS. Organisasi tanpa administrasi, tidak akan lengkap dan berjalan. Sebab peranannya sangat Crusial. Maju mundurnya Organisasi salah satunya tergantung pada sekretaris.

Mungkin, orang menilai tugas sekretaris tidak seberapa dan terlihat mudah. Tapi itu semua jauh dari perkiraan itu. Sekretaris haruslah memiliki ketelitian, ketekunan dan daya tahan stres dengan intensitas tinggi dalam menjalankan tugasnya mengurus administrasi organisasi.

Program Kerja

Berdasarkan penyusunan program kerja di puncak Bogor, dan telah disyahkan oleh MPK. Program kerja kami terdiri dari :

  1. Menata kesekretariatan
  2. Menyusun administrasi secara lengkap
  3. Menerima laporan dari setiap departemen
  4. Menginventarisasi dan memelihara kekayaan (sarana & prasarana)
  5. Merencanakan dan mengadakan Pelatihan Legal Drafting

Pelaksanaan Program Kerja

Adapun pelaksanaan dari Program Kerja yang telah kami buat :

  1. Menata kesekretariatan dan menyusun administrasi secara lengkap.

Dalam hal ini kinerja yang telah kami usahakan dan lakukan yaitu mendata dan menyimpan setiap arsip, surat dan berkas baik dari internal ataupun eksternal. Adapun untuk semua arsip tersebut kami lampirkan.

  1. Menerima laporan dari setiap departemen

Sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat antara departemen kesekretariatan dengan semua departemen yang ada dalam osis. Bahwasanya apabila setelah pelaksanaan agenda osis yang sebelumnya telah dicanangkan oleh masing-masing departemen. Perlu adanya laporan hasil kegiatan berupa arsip atau makalah yang diberikan kepada departemen kesekretariatan yang masih berkaitan erat dengan program kerja kami yaitu dalam penyusunan administrasi secara lengkap. Dan adapun laporan hasil kegiatan yang sampai saat ini telah kami terima yaitu :

    1. Laporan hasil kerja ASC 3 dari Departemen Penalaran.
    2. Laporan Sarasehan Pelajar dari Departemen Humas yang bekerja sama dengan Ekskul KIR Listik.
    3. Laporan hasil kerja dari Departemen Kerohanian.

Adapun untuk yang belum menyerahkan hasil laporannya kepada kami. Itu semua kami serahkan kembali kepada setiap departemen atas pertanggungjawabannya, Karena dari pihak kesekretariatan sendiri sudah mencoba melakukan pengecekkan dan menagih pada setiap departemennya.

  1. Menginventarisasi dan memelihara kekayaan (sarana & prasarana)

Adapun sampai saat ini harta yang masih kami simpan yaitu :

    1. Seperangkat computer, meskipun saat ini sudah tidak berjalan sebagai mana mestinya.
    2. Struktur panitia OSIS.
    3. Job description masing-masing departemen.
    4. Foto Presiden OSIS dan wakilnya berikut dengan anggotanya.
    5. Foto presiden RI beserta wakilnya.
    6. Jam dinding.
    7. Poster Garuda Pancasila.
    8. Lemari arsip.
    9. Stempel OSIS
    10. Buku Rapat

  1. Merencanakan dan mengadakan Pelatihan Legal Drafting

Sebelumnya kami mengucapkan mohon maaf karena untuk program kerja kami yang satu ini belum dapat terlaksana. Adapun alasannya yaitu karena belum tersedianya waktu luang yang memungkinkan, karena banyaknya program OSIS lain. Kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Terkait ketidakterlaksanaannya program tersebut, kami hanya bisa merencanakan dan hanya Allahlah yang menentukan.

Problem

Adapun masalah yang kami alami selama menjabat di Departemen Kesekretariatan antara lain :

  1. Kurangnya kerjasama antara pengurus
  2. Kurangnya sarana yang khusus, seperti komputer dan perangkatnya untuk OSIS. Menyebabkan pengarsipan yang kurang tertib, sehingga arsip surat yang telah dibuat ada sebagian yang hilang.
  3. Kegiatan administrasi yang dilakukan masih jauh dari memuaskan karena masih kurangnya pengalaman bagi kabinet Departemen ini, terutama pelatihan pengadministrasian.

Evaluasi

Adapun evaluasi untuk penanggulangan yang terkait dari beberapa masalah tersebut selama menjabat di Departemen Kesekretariatan antara lain :

  1. Meningkatkan kerjasama antara pengurus
  2. Disediakannya sarana yang lebih memadai agar pengarsipan lebih tertib.
  3. Lebih banyak belajar dan peduli terhadap bagaimana seharusnya menjabat dan bekerja sebagai sekretaris dan pengadministrasiannya.

Penutup

Laporan pertanggungjawaban ini kami buat sebagai bukti catatan perjalanan hidup kami. Suka duka selama satu periode beorganisasi di OSIS SMA Al Muttaqin, sulit dilupakan. Kenangan indah, sedih, riweuh, bangga, waswas dan lainnya bercampur baur saling berganti hari demi hari. Tapi tetap, pengalaman berorgaisasi ini merupakan hal terindah dan menjadi kebanggaan tersendiri untuk bekal kami kelas tiga yang akan keluar khususnya. Kehidupan Organisasi di kampus Perguruan Tinggi mendatang, tengah menanti kedatangan kami. Organisasi yang lebih kompleks, menantang dan mungkin “jahat” untuk menunjukan eksistensinya di masa kini.

Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya, apabila kami selama mengemban jabatan ini, kurang maksimal menjalankannya dan tidak mampu memberikan yang terbaik, karena “tak ada gading yang tak retak”

Besar harapan kami, OSIS mendatang mampu meningkatkan prestasi OSIS, khususnya Departemen Kesekretariatan. Sehingga OSIS akan lebih kuat pondasinya dan tahan diterpa angin, badai dan hambatan lain. Kebanggaan dan rasa memiliki OSIS harus terus dipupuk untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada OSIS SMA Al Muttaqin khususnya, dan demi Islam pada umumnya. Sehingga tumbuh spirit kaum muda Islam dalam menghadapi persaingan global.

Tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada Pembina Kesiswaan kami, Bapak In In Kadar Solihin atas bimbingan yang tak terkira, serta guru-guru semua. Para rekanan OSIS SMA Al Muttaqin. Rekan Kabinet Departemen lain, yang telah melewati suka dan dukanya bersama dalam mengarungi OSIS kabinet Menuju Kemenangan. Semoga pengalaman yang kita dapatkan bemanfaat kelak di fase kehidupan lain.

1 komentar:

  1. terima kasih atas LPJnya.
    kang keren banget blognya bagi ilmu'a dong!!! ti kangdedeyusuf@gmail.com

    BalasHapus


Jam Sekarang Coy