Rabu, 01 April 2009

Mahasiswa Ciamis di Bandung Ikut Riung Galuh


Tak kurang dari lima puluh Mahasiswa asal Ciamis yang sekarang menuntut ilmu di bebagai perguruan tinggi di Bandung, ikut serta mengikuti “Riung Galuh”. Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Keluarga Mahasiswa Ciamis (KMC) “Galuh Rahayu” sebagai pengenalan untuk anggota baru. Bertempat di Taman Firdaus Parongpong Bandung Barat, suasana yang cukup sejuk, hijau nan asri.

Selama dua hari, 21-22 Maret 2009, sejenak menghilangkan kepenatan dari sibuknya jadwal kuliah. Berbagai pelatihan pengembangan diri, dipersembahkan panitia untuk anggota baru ini. mulai simulasi games, dinamika kelompok, pengenalan kepribadian orang dan tips untuk mengatur kuliah kita tentunya. “Panitia menghadirkan trainer yang sudah berpengalaman dan berjiwa muda, gratis pula untuk peserta”, kata Eidi, Ketua KMC yang juga jadi ketua IKA HIMATIKA Indonesia. Rupanya, faktor gratis ini jadi magnet yang cukup kuat untuk menarik peserta. Terbukti Riung Galuh kali ini pesertanya dua kali lebih banyak dari tahun lalu. Tercatat, mahasiswa dari ITB, UPI, UIN, Unpad, Unikom, Unjani dan Poltekpos ikut serta di kegiatan ini.

Tak lupa, rasa kecintaan kepada Ciamis panitia tanamkan di sanubari peserta. peserta dengan semangatnya melantunkan Mars Ciamis beberapa kali. Menjelang malam, kisah KMC dari masa ke masa menjadi dongeng pengantar tidur bagi peserta. esoknya, simulasi team building pun digelar. Peserta dibagi menjadi beberapa tim, yang akan bersama-sama melewati rintangan out bond yang telah disiapkan panitia. “Rame, meski cape leledokan tapi sarat hikmah dalam membangun tim”, kata Dini seraya diamini Ardy, mahasiswa Pendidikan Akuntansi UPI. Kebersamaan peserta begitu terasa, tak sekedar saling mengenal, bahkan tak jaim-jaiman (jaga image) terbukti saling narsisnya depan kamera, he he he….

Di penghujung acara, kelompok tadi dipersilakan berkreasi untuk membuat rancangan kegiatan yang intinya ada unsur pengabdiannya untuk Ciamis. Tak kalah dengan acara yang sudah-sudah (semisal TO, Expo pendidikan, seminar) tiap kelompok mempresentasikan hasilnya dan dinilai juri tentunya. Pemenang kompetisi ini, kegiatannya akan dilansungkan dan panitianya bersama-sama. Penasaran dengan kegiatan apa yang menang? Nantikan acaranya dekat-dekat ini ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Jam Sekarang Coy